KLINIK KONSULTASI PERPUSTAKAAN SECARA DARING MENYEMARAKKAN HARI KUNJUNG PERPUSTAKAAN TAHUN 2021 PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA : Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Solusi Riset Kita Semua

KLINIK KONSULTASI PERPUSTAKAAN SECARA DARING MENYEMARAKKAN HARI KUNJUNG PERPUSTAKAAN TAHUN 2021 PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA : Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Solusi Riset Kita Semua

Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan Tahun 2021 kali ini bertema “meningkatkan aksesibilitas perpustakaan sebagai partner riset sivitas akademika”. Dalam rangka menyemarakkan Hari Kunjung Perpustakaan, yang jatuh pada hari Selasa, 14 September 2021, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga membuka Klinik Konsultasi Perpustakaan secara daring. Kegiatan yang diprakarsai oleh Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Ibu Labibah Zain, MLIS ini dimaksudkan untuk memberi ruang khsusus bagi sivitas akademika menyampaikan berbagai persoalan yang dihadapi berkaitan dengan akses elektronik resources, plagiarism checker, reference tools, repository, dan bebas pustaka. Di samping itu acara ini dimaksudkan pula untuk semakin mendekatkan pemustaka kepada perpustakaan dan pustakawannya, terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 yang masih dilakukan pembatasan layanan perpustakaan.
Klinik Konsultasi Perpustakaan secara online via zoom ini berlangsung dari pukul 9.00 WIB hingga 15.00 WIB. Pada pukul 09.00 – 11.00 WIB berlangsung Klinik Konsultasi terkait E-Resources, dengan narasumber Ibu Wahyani dan Ibu Anik. Klinik Konsultasi terkait Repository dan Bebas Pustaka dengan narasumber Ibu Muchti Nurhidaya, dan Bapak Edi Prasetya. Pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB, Klinik Konsultasi terkait plagiarism checker, dan reference tools (Zotero/Mendeley) dengan narasumber Bapak Miftahul Ulum, Bapak M. Khabib, dan Ibu Adilfia Noor Fiqis. Khusus untuk menyemarakkan Hari Kunjung Perpustakaan, semua pustakawan yang bertugas pada hari ini mengenakan beragam pakaian tradisional.
Selain acara klinik konsultasi perpustakaan online, di saat yang bersamaan juga dilakukan live IG Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga yang dipandu oleh Ibu Sri Astuti, dan Ibu Asri Yuna berkolaborasi dengan Perpustakaan Universitas Airlangga (UNAIR) yang dipandu oleh Ibu Maysaroh. Melalui kolaborasi live IG ini, pemustaka dapat menyaksikan secara langsung layanan perpustakaan yang ada di kedua perpustakaan, dan kondisi perpustakaan dan layanannya selama masa pandemi Covid-19.
Hari Kunjung Perpusatakaan diperingati sejak tahun 1995, berdasarkan surat Kepala Perpustakaan Nasional RI No. 020/A.I/VIII/1995 tanggal 11 Agustus 1995 kepada Presiden RI Bapak Soeharto. Pada saat itu sekaligus diresmikan pula Bulan Gemar Membaca. Kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dirayakan setiap tahun dengan berbagai kegiatan, antara lain book battle, kirab, serta hangout secara daring di perpustakaan berbagai belahan dunia Asia dan Eropa bersama para sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga yang menempuh studi di berbagai negara. (Ist)

Share this post

Leave a Reply