PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA MERAIH PRESTASI DALAM AJANG PEMILIHAN ACADEMIC LIBRARY INNOVATION AWARD (ALIA) 2021 FORUM PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (FPPTI) DIY

PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA MERAIH PRESTASI DALAM AJANG PEMILIHAN ACADEMIC LIBRARY INNOVATION AWARD (ALIA) 2021 FORUM PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (FPPTI) DIY

Dalam rangka Hari Ulang Tahun Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) ke-21, telah diselenggarakan Pemilihan Indonesian Academic Librarian Award (IALA) dan Academic Library Innovation Award (ALIA). Dalam ajang tersebut, Pustakawan UIN Sunan Kalijaga Sri Lestari, S.IP, M.IP berhasil meraih Juara I dalam ajang Pemilihan tingkat Propinsi DIY pada hari Rabu, 8 September 2021. Dengan predikat Juara I, maka Sri Lestari berhak untuk berkompetisi di tingkat nasional.

Sri Lestari mempresentasikan karya ilmiahnya yang berjudul “Pustakawan dan Sicarik Strategi Layanan Perpustakaan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga”. Sicarik merupakan aplikasi yang dirancang oleh Tim Sistem Informasi Perpustakaan untuk memfasilitasi layanan dan pemustaka. Aplikasi ini sangat efektif terutama di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini untuk membantu mengurai persoalan yang dihadapi pemustaka terkait persoalan layanan sirkulasi, seperti untuk mengetahui ada tidaknya tanggungan atau pinjaman buku,  koleksi tugas akhir, denda, dan informasi lainnya. Dengan aplikasi ini, dalam waktu yang singkat, kapan, dan dari mana saja, pemustaka dapat mengetahui statusnya dengan memantau histori peminjaman, dan informasi lainnya.

Adapun Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga meraih juara 2, dalam ajang Academic Library Innovation Award (ALIA) 2021 melalui pemaparan program perpustakaan tentang “Peningkatan Kompetensi Pustakawan Melalui Networking Internasional dalam Program Visiting International Librarians di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta”. Pemaparan disampaikan oleh  Pustakawan UIN Sunan Kalijaga Asri Yuna, SIP. Baik Sri Lestari, maupun Asri Yuna, menyampaikan terima kasih kepada Kepala Perpustakaan Ibu Labibah Zain, MLIS yang telah mempercayai dan memberi amanah untuk mewakili perpustakaan dalam lomba ini. Kedua, melalui lomba yang diselenggarakan secara daring ini, akan semakin menambah wawasan dan pengalaman, serta meningkatkan kompetensi profesi pustakawan. Keduanya juga berharap pustakawan UIN Sunan Kalijaga lainnya juga berkesempatan untuk dapat berperan serta dan berprestasi di ajang lomba serupa di waktu yang akan datang.

Pemilihan Indonesian Indonesian Academic Librarian Award (IALA) dan Academic Librarian Award (ALIA) dan 2021 yang diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun FPPTI ke 21 ini bertujuan untuk memberikan apresiasi atas peran serta perpustakaan dan pustakawan dalam memajukan masyarakat dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di masa pandemic COVID-19.  Program ini dilatarbelakangi oleh situasi pandemi saat ini yang menjadi tantangan besar bagi perpustakaan dan pustakawan untuk selalu mampu memberikan layanan optimal bagi sivitas akademika melalui berbagai kreatifitas dan inovasi teknologi informasi, sehingga pemustaka terfasilitasi secara online, dan perpustakaan tetap dapat memberikan edukasi dan berbagai informasi bermanfaat kepada masyarakat. Selain itu, pustakawan dapat semakin meningkat perannya dalam mendukung riset di perguruan tinggi melalui peningkatan aksesibilitas ke beragam sumber infomasi. Informasi lebih lengkap terkait ALIA ini dapat diakses melalui www.fppti-diy.or.id (Ist)

Share this post

Leave a Reply