USER EDUCATION BAGI MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2021/2022

USER EDUCATION BAGI MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2021/2022

User Education bagi mahasiswa baru program S1 Tahun Akademik 2021/2022 mulai dilaksanakan pada hari Selasa, 7 September 2021. Seperti pada tahun 2020 yang lalu, User education kali ini juga dilaksanakan secara daring, mengingat kondisi masyarakat masih dalam masa pandemi Covid 19. Kegiatan ini akan berlangsung hingga akhir bulan September 2021. User Education bertujuan antara lain untuk memberikan pemahaman yang baik tentang perpustakaan, fasilitas dan layanannya.
Selama 90 menit, para peserta menyimak materi yang disampaikan oleh pustakawan UIN Sunan Kalijaga melalui power point dan beberapa tayangan video yang berkaitan dengan profile perpustakaan, fasilitas, dan layanan perpustakaan. Selain itu, mahasiswa baru diberi pemahaman terkait dengan e-resourcs yang dimiliki perpustakaan, dan cara mengaksesnya. Hal ini sangat ditekankan, mengingat di masa pandemi ini masih berlaku pembatasan layanan perpustakaan, sehingga pemustaka diarahkan untuk mengoptimalkan fasilitas layanan online dari tempat tinggalnya masing-masing. Oleh karena itu, membekali mahasiswa baru keterampilan dalam menelusur koleksi secara efektif melalui OPAC merupakan hal yang sangat penting, selain dengan membekali mereka keterampilan dalam mengakses ebook, ejurnal, dan digilib. Pemahaman mahasiswa terkait berbagai sumber elektronik dan keterampilan dalam mengaksesnya sangat diperlukan untuk mempermudah mereka mendapatkan berbagai informasi literatur yang relevan dengan kebutuhan akademiknya secara efektif dan efisien, dan beretika.

User education ini wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru dan menjadi syarat untuk aktivasi keanggotaan. Mahasiswa dengan keanggotaan aktif mendapat hak untuk meminjam koleksi perpustakaan. Untuk mengikuti user education, mahasiswa baru harus mendaftar terlebih dahulu melalui link yang tercantum di IG perpustakaan, dan memilih waktu yang dikehendaki. Setelah mengikuti program user education, mahasiswa baru harus mengisi link kehadiran untuk mendapatkan sertifikat kegiatan.
Pemustaka dapat memperoleh informasi berkaitan dengan user education ini melalui media sosial sebagai saluran komunikasi antara perpustakaan dan pemustaka yang terdiri dari IG: @perpusuinyogyakarta, FB: Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Tweeter: @uinjogjalib, website perpustakaan (lib.uin-suka.ac.id), dan channel youtobe: @sukalib. (Ist)

Share this post

Leave a Reply