IBU WAHYANI MENJADI NARASUMBER DALAM WORKSHOP ON ACADEMIC REFERENCE FOR RESEARCH PURPOSES FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA (FISHUM) UIN SUNAN KALIJAGA

IBU WAHYANI MENJADI NARASUMBER DALAM WORKSHOP ON ACADEMIC REFERENCE FOR RESEARCH PURPOSES FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA (FISHUM) UIN SUNAN KALIJAGA

Peningkatan mutu karya ilmiah dan riset akademisi di perguruan tinggi menjadi hal yang utama dalam upaya mendukung UIN Sunan Kalijaga sebagai world class university. Karya ilmiah yang bermutu tinggi tentunya didukung oleh berbagai sumber informasi atau referensi yang akurat dan reliabel. Perpustakaan sebagai unsur penunjang akademik dan sebagai solusi riset bagi masyarakat akademik merupakan pihak yang berkompeten dan berperan penting dalam menjamin ketersediaan akses ke sumber informasi yang relevan dan kredibel, baik dalam format offline maupun online. Sumber informasi yang disediakan oleh perpustakaan seyogyanya dapat diketahui dan dapat diakses dengan baik oleh semua sivitas akademika.
Berkaitan dengan hal tersebut, Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora (Fishum) UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan kegiatan Workshop On Academic Reference For Research Purposes pada hari Kamis, 19 Agustus 2021 dengan narasumber, Ibu Wahyani, S,Ag, SS., MIP. Ibu Wahyani merupakan pustakawan UIN Sunan Kalijaga yang bertugas sebagai Koordinator Urusan layanan Referensi. Dekan Fishum, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos, M.Si dalam sambutannya pada kegiatan yang diselenggarakan melalui aplikasi zoom dan live youtube tersebut, menyampaikan bahwa sivitas akademika harus mengoptimalkan dan memanfaatkan referensi dengan sebaik-baiknya, sehingga referensi atau rujukan menjadi aspek yang sangat penting.
Dalam kegiatan tersebut, Ibu Wahyani memaparkan kepada peserta tentang pentingnya sumber-sumber informasi dalam menunjang kompetensi akademik, seperti kegiatan penulisan karya ilmiah dan proses riset. Beliau juga memperkenalkan berbagai sumber informasi elektronik dalam database yang dikelola perpustakaan, dan berbagai database e-book dan e-journal yang dilanggan oleh Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, antara lain Emerald, dan Taylor & Francis melalui www.lib.uin-suka.ac.id. Ibu Wahyani juga memandu peserta workshop dalam mempraktekkan langkah-langkah mengakses e-resources pada berbagai database yang tersedia oleh perpustakaan.
Dalam kesempatan tersebut, Ibu Ida Nur’aini Hadna, M.Pd, Koordinator Bidang Layanan Teknis berkesempatan memberikan penjelasan berkaitan dengan pengadaan referensi atau koleksi yang berkaitan langsung dengan materi perkuliahan di setiap prodi. Beliau berharap akan terjalin kerjasama yang semakin baik antara pihak perpustakaan dengan prodi dan fakultas, sehingga pengadaan koleksi tersebut dapat berjalan lancar. Untuk lebih memahami materi yang telah disampaikan narasumber, para peserta berkesempatan untuk menyampaikan pertanyaan yang langsung dijawab oleh narasumber. Dalam workshop yang dimoderatori oleh Adiyta Dedy Nugraha, S.Psi, M.Psi ini, Ibu Wahyani berharap agar para sivitas akademika, khususnya dosen, peneliti, dan mahasiswa menyempatkan diri untuk memantau informasi update perpustakaan terlebih terkait akses e-resources melalui www.lib.uin-suka.ac.id dan IGperpusuinyogyakarta, serta youtube channel @sukalib. Dosen dan mahasiswa juga dapat memperoleh konsultasi layanan akses e-resources dengan menghubungi Ibu Wahyani secara langsung. (Ist)

Share this post

Leave a Reply