Turkey School Library Bersama Ayse Yuksel-Durukan Dalam International Talk Visiting International Librarian #8

Turkey School Library Bersama Ayse Yuksel-Durukan Dalam International Talk Visiting International Librarian #8

Program International Talk Visiting International Librarian seri ke-8 yang dilaksanakan pada hari Kamis, 19 Agustus 2021 ini bertema Turkey School Library. Narasumber yang mempresentasikan tema tersebut adalah Ayse Yuksel-Durukan, seorang pustakawan senior, dan mengajar di Robert College Library, juga sebagai konsultan perpustakaan sekolah, dan sebagai Direktur kepustakawanan sekolah untuk regional Timur Tengah dan Afrika Utara. Dalam International talks kali ini, Isrowiyanti, Pustakawan UIN Sunan Kalijaga, bertindak sebagai moderator webinar.
Beberapa hal yang disampaikan dalam webinar ini, antara lain bahwa perpustakaan sekolah di Turki berupaya untuk menerapkan Media and Information Literacy (MIL) atau literasi informasi dan media sebagai aspek yang sangat penting dalam meningkatkan mutu siswa dan pembelajaran, melalui peningkatan akses secara online. MIL membantu siswa dan masyarakat sekolah dalam memahami kebutuhan informasi dan lebih bertanggung jawab dalam mengakses dan menggunakan informasi yang diperoleh dari berbagai media terutama secara online. MIL juga akan membantu siswa dalam memformulasi pertanyaan-pertanyaan, mengevaluasi informasi, dan dalam melaksanakan riset.
Peranan perpustakaan sekolah penting untuk dikembangkan, yaitu perpustakaan sebagai tempat mahasiswa membaca, berdiskusis, mengembangkan berfikir kritis, kreativitas, dan bekerja sama dengan semua masyarakat sekolah. Di samping itu perpustakaan sekolah juga meningkatkan perannya dalam mengembangkan kapabilitas siswa dalam budaya, demokrasi, serta dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa. Oleh karena itu, penting bagi perpustakaan sekolah untuk bekerjasama dengan lembaga induk dan pemerintah untuk mengembangkan layanan dan akses ke perpustakaan terutama secara online/digital serta dalam mendesain program sekolah dengan mengintegrasikan perpustakaan sebagai lingkungan belajar.
International Talks seri ke-8 ini dibuka dengan kata sambutan oleh Ismiyatin, pustakawan UIN Sunan Kalijaga yang juga sebagai Koordinator Administrasi Perpustakaan. Pada akhir sesi, Dr. Debal C. Kar, President of Special Libraries-Asia (SLA-Asia) hadir menyampaikan pidato penutupan International Talk Visiting International Librarian seri ke-8 ini. Bertindak sebagai pembawa acara webinar adalah Anisa Rahayu, mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Untuk memfasilitasi peserta zoom, dan masyarakat difabel yang mengikuti program ini, perpustakaan menghadirkan Ragil, relawan PLD UIN Sunan Kalijaga sebagai translator Bahasa isyarat. Selain melalui zoom, webinar ini dapat diikuti melalui youtube channel @sukalib. (Ist)

Share this post

Leave a Reply