Tutorial Penggunaan Reference Tools Mendeley (live IG perpusuinyogyakarta)

Tutorial Penggunaan Reference Tools Mendeley (live IG perpusuinyogyakarta)

Menyusun karya tulis ilmiah merupakan salah satu cara untuk memperdalam pengetahuan, dan mengembangkan kompetensi akademik para sivitas akademika. Menulis menjadi salah satu kegiatan akademik yang sangat penting bagi sivitas akademika. Saat ini terdapat beberapa software yang sangat mendukung kegiatan menulis, salah satunya adalah Mendeley. Mendeley merupakan aplikasi yang menjadi alat bantu referensi atau reference tools yang penting untuk mempermudah penulis dalam mengelola berbagai referensi, seperti artikel, dokumen, buku, dan referensi lainnya. Mendeley yang dikembangkan oleh Elsevier pada tahun 2013 ini membantu penulis untuk mencari, mengelola, menyimpan dan menemukan kembali referensi yang dibutuhkan.
Aplikasi Mendeley ini sangat penting bagi penulis karena terdapat berbagai fitur yang mendukung, yaitu mengelola informasi bibliografi dokumen, menemukan dengan cepat referensi yang sudah terekam dalam Mendeley dan pencarian secara online, membuat sitasi dari berbagi artikel, buku, serta dokumen. Aplikasi ini juga mampu mengenerate bibliografi atau daftar pustaka secara otomatis. Penulis dapat memanfaatkan aplikasi ini secara desktop maupun online (web). Salah satu kelebihan mendeley adalah aplikasi ini menyediakan penyimpanan gratis di web sebesar 2GB.
Mengingat pentingnya reference tools tersebut bagi para sivitas akademika, khususnya bagi mahasiswa yang sedang menuntaskan tugas perkuliahannya, maka Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan kegiatan tutorial penggunaan aplikasi Mendeley melalui live IGperpusuinyogyakarta pada hari Kamis, 5 Agustus 2021. Kegiatan tutorial tersebut dipandu oleh Pustakawan UIN Sunan Kalijaga yaitu Asri Yuna dan Adilfia. Kegiatan tutorial serupa juga dilaksanakan untuk aplikasi zootero yang dipandu oleh Habib dan Anik melalui live IG pada bulan yang lalu. Pemustaka dapat mengikuti tutorial tersebut melalui tayangan video IG maupun Youtobe Channel @sukalib.
Kegiatan tutorial ini merupakan salah satu layanan literasi informasi Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga yang diharapkan dapat membantu menfasilitasi pemustaka dalam mengatasi beberapa permasalahan terkait hal penulisan. Selain itu kegiatan ini sebagai upaya mempererat jalinan komunikasi antara pustakawan UIN Sunan Kalijaga dengan pemustaka terlebih lagi selama masa PPKM diberlakukan di masa pandemi covid-19 ini. (Ist)

Share this post

Leave a Reply