PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA MENERIMA PENGHARGAAN PERPUSTAKAAN BERJEJARING INTERNASIONAL DARI KEMETERIAN AGAMA RI

PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA MENERIMA PENGHARGAAN PERPUSTAKAAN BERJEJARING INTERNASIONAL DARI KEMETERIAN AGAMA RI

Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga kembali mencatat prestasi. Pada bulan Desember 2020, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga menerima penghargaan Perpustakaan Berjejaring Internasional dari Kementerian Agama RI. Piagam penghargaan diterima oleh Dra. Labibah Zain, MLIS Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia pada tahun 2020 memberikan tiga penghargaan Adiktis kepada UIN Sunan Kalijaga, yaitu pengahargaan Pengelola BLU Terbaik, Perpustakan Berjejaring Internasional, dan Program Studi Bersertifikat AUN-QA.
Penerimaan penghargaan Perpustakaan Berjejaring Internasional diberikan berdasarkan peran serta dan keterlibatan secara internasional pengelola perpustakaan, mulai dari keterlibatan pada asosiasi perpustakaan dunia, maupun kiprahnya. Keterlibatan dan kiprah pengelola Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga di kancah internasional antara lain, Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Dra. Labibah Zain, MILIS berperan serta sebagai anggota Special Library Association (SLA), dan pernah menjabat sebagai President SLA Asian Chapter. Beliau juga aktif sebagai narasumber di organisasi internasional tersebut. Beberapa pustakawan UIN Sunan Kalijaga juga berpartisipasi sebagai peserta magang perpustakaan di luar negeri, menjadi peserta, dan sebagai speaker pada konferensi internasional. Selain itu, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sukses menyelenggarakan program internasional, seperti International Conference of Asian Special Libraries (ICoASL) ke 5 pada tahun 2017. Program lainnya adalah International Talks dengan berbagai topik yang melibatkan narasumber dan peserta dari berbagai negara. Program tersebut akan berlangsung pada setiap bulan hingga Desember 2021 mendatang.
Berjejaring di level internasional sangat penting bagi perpustakaan, dan perlu dipertahankan dan diperkuat. Hal ini akan bermanfaat bagi pengelola perpustakaan dalam rangka berkontribusi lebih luas di komunitas internasional. Selain itu, hal tersebut berperan dalam pengembangan kompetensi pustakawan, sharing pengetahuan dan keterampilan. Hal ini juga penting untuk meningkatkan kepercayaan diri pustakawan dalam melaksanakan inovasi pengembangan perpustakaan sehingga dapat lebih responsif dalam memberikan dukungan yang tepat kepada lembaga induknya. (Ist)

Share this post

Leave a Reply