User Education secara Daring bagi Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga Tahun Akademik 2020/2021

User Education secara Daring bagi Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga Tahun Akademik 2020/2021

User Education bertujuan antara lain memberikan pemahaman yang baik tentang perpustakaan, fasilitas dan layanannya. Mengingat masih berlangsungnya masa pandemi Covid 19, maka pada tahun akademik 2020/2021 ini Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan user education bagi mahasiswa baru program S1 secara online atau daring melalui aplikasi zoom meeting. Seluruh mahasiswa baru S1 yang berjumlah 4.036 orang diharapkan dapat mengikuti user education yang dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 13 Oktober hingga 5 November 2020. Mahasiswa dapat memilih salah satu dari tiga sesi yang ada, yaitu sesi pertama, pukul 08.00 – 09.30 WIB, sesi kedua, pukul 10.00 – 11.30, dan sesi ketiga, pukul 13.00 – 14.30 WIB.
Selama 90 menit, para peserta menyimak materi yang disampaikan oleh pustakawan UIN Sunan Kalijaga melalui slide power point dan beberapa tayangan video, yaitu video tentang profile perpustakaan, tentang fasilitas dan layanan perpustakaan, serta tentang layanan perpustakaan pada masa pandemi. Selain itu mahasiswa baru mendapat bimbingan penelusuran sumber informasi melalui katalog online (OPAC) dan database elektronik, seperti digilib, ebook, dan ejurnal yang dilanggan oleh perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.
Dalam setiap sesi, pustakawan menekankan pentingnya memaksimalkan akses ke sumber-sumber informasi elektronik yang tersedia, mengingat akses ke sumber informasi tercetak di perpustakaan masih sangat terbatas selama masa pandemi, terlebih lagi bagi mahasiswa yang berdomisili di luar kota Yogyakarta. Keterampilan mahasiswa dalam mengakses sumber-sumber elektronik sangat penting dalam mendukung kelengkapan dan mutu referensinya selama studi di UIN Sunan Kalijaga.
User education yang bersifat wajib diikuti dan dilaksanakan secara daring ini merupakan salah satu layanan perpustakaan online bagi mahasiswa dengan memaksimalkan media sosial sebagai saluran komunikasi antara perpustakaan dan pemustakanya yang terdiri dari IG: @perpusuinyogyakarta, FB: Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Tweeter: @uinjogjalib, website perpustakaan (lib.uin-suka.ac.id), dan channel youtobe: @sukalib. Media sosial menjadi salah satu sarana promosi perpustakaan, dan memfasilitasi pemustaka dalam mendapatkan berbagai informasi perpustakaan secara praktis di masa digital ini. Oleh karena itu penting bagi semua mahasiswa baru untuk follow akun sosmed perpustakaan sejak awal masa perkuliahan.
Sebagai fasilitas mengikuti user education, semua peserta akan mendapatkan sertifikat kegiatan. Untuk memperoleh sertifikat tersebut, mahasiswa diharuskan melengkapi google form kehadiran yang disediakan panitia menjelang sesi zoom meeting berakhir. (Ist)

Share this post

Leave a Reply