Kursus Bahasa Persia Secara Daring

Kursus Bahasa Persia Secara Daring

Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga menyediakan beragam layanan bagi pemustaka, salah satunya adalah layanan Corner Iran atau Iranian Corner. Iranian Corner menyediakan berbagai koleksi tercetak maupun audio visual berkenaan dengan pendidikan, politik, sosial budaya, serta kesusastraan Persia. Layanan yang terletak di lantai tiga sayap barat ini dapat dikunjungi oleh pemustaka selama jam layanan dari hari Senin hingga Jum’at. Namun selama masa pandemi ini, untuk sementara layanan tersebut ditutup.
Baru-baru ini Iranian Corner Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga bekerja sama dengan Sa’adi Foundation dan Konsulat Kebudayaan Iran di Jakarta menyelenggarakan pelatihan Bahasa Persia secara daring. Kegiatan Pelatihan Bahasa Persia yang dilaksanakan pada pada masa pandemi ini dibuka oleh Mr. Mehrdad Rakhshandeh (Konselor Kebudayaan dan Pendidikan Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Jakarta) didampingi oleh oleh staff Kedutaan Besar Iran Imam Ghazali, pada 13 Oktober 2020, pukul 15.00 WIB. Tenaga pengajar kursus Bahasa Persia ini berasal dari Sa’adi Foundation, yaitu lembaga penyelengara program Bahasa Persia di Iran. Kegiatan yang dijadwalkan akan berlangsung selama tiga bulan ini diikuti oleh 63 orang peserta akademisi dari berbagai perguruan tinggi.
Pelatihan Bahasa Persia merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan kebudayaan Iran kepada masyarakat dunia. Cara lain adalah dengan menyelenggarakan seminar internasional, pameran dan pentas budaya Iran, serta diskusi buku. Iranian Corner Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan bahasa Persia pada tahun 2012 dan 2014. Peserta yang berprestasi telah mendapat kesempatan dan fasilitas dari Kedutaan Besar Iran untuk mengunjungi Iran selama beberapa hari. Dari berbagai kegiatan tersebut, diharapkan dapat lebih memperluas wawasan masyarakat Indonesia tentang Iran, dan mempererat hubungan masyarakat Indonesia dan Iran. (Ist)

Share this post

Leave a Reply