KEGIATAN MAGANG MAHASISWA JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA

KEGIATAN MAGANG MAHASISWA JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA

Pada awal tahun 2020 ini Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga menerima 10 mahasiswa magang. Mereka berasal dari Jurusan Ilmu Perpustakaan di empat perguruan tinggi. Mereka adalah Elsya Regita Ari Iskandar dan Nafisatun Nisa dari Universitas Airlangga Program S1 Jurusan Ilmu Perpustakaan. Keduanya melaksanakan magang mulai tanggal 2 Januari sampai dengan 30 Januari 2020. Ririn Oktariani, Dandy Julio Pratama, dan Anadia Santi dari Program S1 Jurusan ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Palembang. Ketiganya melaksanakan magang mulai tanggal 6 Januari sampai dengan 28 Januari 2020.

Peserta magang dari Program D3 Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Sebelas Maret adalah Lisa Zuliyanti, Kharisma Arjuwana, Sania Afriyanti,  dan Qadriyatu Zahra. Keempat mahasiswa ini mengikuti magang dari tanggal 20 Januari sampai dengan 6 Februari 2020. Sedangkan I Gusti Agung Lintang Saraswati R. dan Gede Rai Hriyadnanda, keduanya merupakan mahasiswa Program S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Udayana Bali, yang melaksanakan magang dari tanggal 27 Januari sampai dengan 27 Februari 2020. Selama masa magang, kesebelas orang mahasiswa tersebut dilibatkan dalam berbagai layanan, baik layanan umum maupun layanan teknis secara terjadwal.

Mengapa mereka menjadikan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sebagai lokasi magang? Lisa Zulianti beralasan bahwa Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga telah lama memberikan fasilitas adaptif dan aksesibilitas bagi pemustaka difabel. Sedangkan Kharisma Arjuwana beralasan karena Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga memiliki layanan yang baik dan telah cukup lama berhasil dalam mengaplikasikan RFID sebagai penunjang layanan mandiri. Dalam masa magangnya, para peserta diberi kesempatan mengembangkan ide-ide dan kreativitas terkait pengembangan layanan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga melalui project kegiatan berkelompok sesuai dengan kemampuannya. (Ist)

Share this post

Leave a Reply