SOSIALISASI DAN PELATIHAN BAGI STAF ADMIN TURNITIN DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA

SOSIALISASI DAN PELATIHAN BAGI STAF ADMIN TURNITIN DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA

Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga bekerja sama dengan IGrup menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan bagi admin turnitin. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 21 Januari 2012 tersebut dihadiri oleh 50 orang fungsional dosen, pustakawan, dan fungsional umum dari berbagai jurusan dan prodi di lingkungan UIN Sunan Kalijaga. Kegiatan dilaksanakan di ruang serbaguna lantai I Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, dan dibuka oleh Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Dra. Labibah Zain, MLIS.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mensosialisasikan turnitin, serta meningkatkan kemampuan staf yang akan berperan sebagai admin turnitin. Hal tersebut penting agar staf admin dapat memfasilitasi para sivitas akademika khususnya dosen dan mahasiswa di lingkungan UIN Sunan Kalijaga dalam melakukan cek similarity karya ilmiahnya. Beliau berharap dari pelatihan ini mahasiswa lebih mudah dan cepat dalam mengakses turnitin.

Sebagai instruktur dalam pelatihan adalah Wiwi Wiyanti dari pihak vendor IGroup, dan Miftahul Ulum dari bagian Sistem Informasi Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Saat ini orisinalitas karya ilmiah semakin ditekankan untuk meningkatkan mutu karya ilmiah para sivitas akademika di lingkungan UIN Sunan Kalijaga. Hal tersebut memerlukan dukungan semua pihak untuk membangkitkan kesadaran di kalangan sivitas akademika agar lebih berhati-hati dalam melakukan pengutipan kata, kalimat yang bersumber dari berbagai referensi. Selain itu penting untuk mengetahui cara-cara pengutipan secara benar dari sebuah sumber yang dijadikan bagian dari karya ilmiah.

Selain bagi mahasiswa, turnitin juga penting bagi para dosen yang akan melaksanakan kenaikan pangkat, dikarenakan setiap karya ilmiah dosen yang yang akan dinilai harus telah melalui proses cek similarity sehingga tidak terindikasi plagiarisme. Salah satu upaya yang dilakukan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga adalah dengan berlangganan turnitin yang merupakan webbase platform sebagai tools cek similarity yang dapat dijangkau oleh semua sivitas akademika melalui staf yang telah mengikuti pelatihan admin turnitin yang difasilitasi oleh  Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.(Ist)

Share this post

Leave a Reply