DIALOG MODERASI BERAGAMA DALAM UPAYA PERSATUAN ISLAM DI INDONESIA

DIALOG MODERASI BERAGAMA DALAM UPAYA PERSATUAN ISLAM DI INDONESIA

Hari Selasa, 26 November 2019 diselenggarakan Dialog Moderasi Beragama dalam Upaya Persatuan Islam di Indonesia, bersama narasumber Dr. Alimatul Qibtiyah, Ph. D. (Dosen Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga) dan Drs. Djadul Maula (Wakil Ketua Lesbumi PB NU). Hadir sebagai moderator Toriq Prabowo, MIP (Dosen Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga).

Alimatul Qibtiyah yang menjabat sebagai Ketua LPPA Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah dalam paparannya menyampaikan makna istilah moderasi dalam agama sebagai sikap tidak berlebihan dan penghindaran perilaku ekstrimisme berlebihan. Moderasi beragama mengembangkan  toleransi aktif, yaitu sikap memberi, menerima, mengkakomodir dan bersedia membantu pihak lain. Hal tersebut merupakan sikap Muhammadiyah dalam rangka membangun kerukunan antar umat beragama yang mendasarkan pada Qur’an dan Hadis. Sikap toleransi aktif juga menjadi salah satu dasar bagi kecerdasan digital, sehingga kecanggihan sarana digital yang digunakan dapat memberikan efek positif bagi pribadi seseorang maupun orang lain atau masyarakat luas.

Sedangkan Jadul Maula menjelaskan bahwa paham NU telah menjadi dasar moderasi. Paham azwaja yang mencakup beberapa madzhab mewakili keberagaman dalam pemikiran dan perbedaan pendapat, serta beragam tradisi, sehingga toleransi menjadi berkembang. Dengan demikian, maka nilai toleransi, moderasi menjadi inheren dalam aqidah, praktek fikih, dan tasawuf yang telah terbiasa terutama di kalangan pesantren.

Kegiatan dialog yang dibuka oleh Koordinator Corner Marwiyah MLIS ini merupakan hasil kerjasama Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dengan Konsulat Kebudayaan Iran Jakarta. Kegiatan yang terbuka untuk umum ini dihadiri oleh lebih kurang 120 peserta yang terdiri dari mahasiswa dari dalam dan luar UIN Sunan Kalijaga. Di akhir sesi, panitia menyerahka cindera mata kepada peserta yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber. (Ist)

 

Share this post

Leave a Reply