SUNAN KALIJAGA CORNER RESMI MENJADI BAGIAN LAYANAN PERPUSTAKAAN

SUNAN KALIJAGA CORNER RESMI MENJADI BAGIAN LAYANAN PERPUSTAKAAN

Setelah melalui proses kajian mendalam, akhirnya pada hari Sabtu, 15 Desember 2018, Sunan Kalijaga Corner diresmikan oleh Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Dra. Labibah Zain, MLIS.  Sunan Kalijaga Corner yang kini telah resmi menjadi bagian layanan perpustakaan ini dirancang oleh pihak perpustakaan bekerja sama dengan Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga.

Melalui Sunan Kalijaga Corner ini pemustaka sivitas akademika, peneliti dan masyarakat luas dapat berdiskusi di dalam ruang corner dan mengakses berbagai sumber informasi berupa koleksi buku dan karya ilmiah hasil penelitian baik tercetak maupun elektronik yang berkaitan dengan perkembangan Islam, khususnya di tanah Jawa.  Nama tokoh Sunan Kalijaga dipilih dan diabadikan sebagai nama corner ini untuk mengenang perjuangan dan kontribusinya yang luar biasa dalam merintis penyebaran dan pengembangan Islam di tanah Jawa. Sunan Kalijaga atau dikenal juga dengan Raden Mas Said adalah salah satu dari Walisongo pada abad ke 15 yang sangat kharismatik, dan sangat toleran dengan budaya lokal. Ia menjadikan kesenian dan budaya seperti wayang dan gamelan sebagai sarana mengenalkan Islam kepada masyarakat, sehingga Islam dapat diterima dengan baik  oleh masyarakat tanpa menimbulkan pertentangan.

Sunan Kalijaga Corner yang menjadi salah satu distingsi atau ciri dan kekhasan  dari Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga ini diharapkan akan selalu memberikan kontribusinya dalam kajian dan Studi Keislaman. Untuk itu pengembangan koleksi terkait Islam jawa akan terus digiatkan melalui jalinanan kerja sama dengan berbagai pihak intern maupun ekstern UIN Sunan Kalijaga. (ist)

Share this post

Leave a Reply