Pameran Foto Warisan Sejarah India dan Pemutaran Bollywood Movies di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dalam Rangka Indian Cultural Week (17-23 Desember 2018)

Pameran Foto Warisan Sejarah India dan Pemutaran Bollywood Movies di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dalam Rangka Indian Cultural Week (17-23 Desember 2018)

Islam di India merupakan agama terbesar kedua setelah agama Hindu, dengan jumlah umat muslim 500 juta orang. Bukti-bukti perkembangan Islam semenjak abad ke 7 dapat dilihat dari banyaknya bagunan tempat ibadah umat Islam dengan arsitektur yang indah dan megah. Bangunan fisik yang menjadi warisan dan budaya Islam di India meliputi berbagai bentuk bagunan tempat ibadah dan berbagai bangunan lain yag dibangun pada masa kerajaan Moghul.  Hal tersebut menunjukkan kuatnya interaksi Islam dengan India yang telah berlangsung cukup lama dan berakar kuat pada sebagaian masyarakat India.

Perkembangan Islam di India tersebut dapat terlihat melalui berbagai foto bangunan warisan sejarah yang meliputi bangunan tempat ibadah dan bagunan lainnya khususnya pada masa dinasti Mongul di sekitar abad ke-15 hingga ke-18. Foto-foto tersebut digelar di sepanjang ruang lobi lantai satu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Foto yang ditampilkan, antara lain  Red Fort (benteng merah) yang dibangun pada masa kaisar Shah Jahan, dan Taj Mahal yang menjadi simbol sejarah India. Selain pameran foto, di ruang teatrikal Perpustakaan UIN Suka dilaksanakan pemutaran film India (bollywood movies) yang mengangkat sisi sosial, ekonomi, dan keragaman budaya India.

Kegiatan yang diadadakan di perpustakaan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan India Cultural Week (ICW) atau Pekan budaya India yang diselenggarakan pada tanggal 17-23 Desember 2018. Pameran dibuka oleh perwakilan Kedubes India Mr. Prakash Gupta. ICW diselenggarakan dalam rangka mempererat hubungan kedua bangsa Indonesia dan India. Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah India melalui Kedubes India di Indonsia menyelenggarakan India Cultural Week (ICW) atau Pekan Budaya India bekerja sama dengan UIN Sunan Kalijaga  pada 17-23 Desember 2018. Selain kegiatan pameran dan pemutaran film, dilaksanakan pula pentas tari India dan kuliner India di gedung Prof. Dr. H. Amin Abdullah (gedung multipurpose).

Selain kesamaan dalam perkembangan Islam yang pesat, Indonesia dan India memiliki beberapa kesamaan budaya, antara lain dalam hal kuliner, aliran musik, serta kesamaam kisah dalam tradisi pewayangan. Kesamaan-kesasamaan tersebut menimbulkan kedekatan antara kedua bangsa sehingga mendorong timbulnya kerjasama. Melalui event ICW ini diharapkan para sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga dapat mengetahui dan mengenal lebih dekat Islam India pada khususnya serta tradisi dan budaya India pada umumnya. (ist)

 

Share this post

Leave a Reply