UIN Sunan Kalijaga Menjalin Kerjasama dengan STAIN Jayapura di Bidang Pengembangan Perpustakaan

Kerjasama UIN dengan STAIN Al-Fatah Papua

UIN Sunan Kalijaga Menjalin Kerjasama dengan STAIN Jayapura di Bidang Pengembangan Perpustakaan

Ketua STAIN Jayapura Dr. Idrus AlHamid bersama Kepala Perpustakaan STAIN Jayapura Drs. Agung Budiono dan stafnya berkunjung ke Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga pada hari Rabu, 19 April 2017. Para tamu dari STAIN Jayapura tersebut diterima oleh Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Dra. Labibah, MLIS dan jajarannya di ruang rapat lantai satu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.
Dalam pertemuan tersebut Ketua STAIN Jayapura menyampaikan bahwa selama ini permasalahan yang dihadapi oleh perpustakaan mereka, antara lain masih lemahnya sumber referensi yang tersedia di perpustakaan, sehingga hal tersebut menjadi kendala dalam mempresentasikan Islam yang benar dengan baik di tengah-tengah masyarakat Papua. Beliau juga menyampaikan keinginannya mewujudkan Perpustakaan STAIN Jayapura sebagai jendela dunia, inkslusif, sebagai tempat masyarakat mencari informasi yang benar, dan dapat diakses oleh semua masyarakat di Papua.
Sehubungan dengan hal tersebut, beliau berharap dapat melanjutkan kerjasama dengan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dalam rangka membangun kultur, infrastruktur, sharing resources, dan sumber daya manusia. Dra. Labibah, MLIS dalam pertemuan menyambut hangat apa yang menjadi harapan Ketua STAIN Jayapura tersebut. Ibu Labibah menyampaikan bahwa Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga siap bekerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka membangun perpustakaan bukan hanya infrastruktur tetapi juga yang lebih penting membangun mindset SDMnya. Menurutnya yang penting pada saat ini adalah kesediaan perpustakaan-perpustakan dalam berbagi akses informasi, jadi tidak selalu mengandalkan kelengkapan koleksinya.
Setelah agenda dialog, Ibu Labibah mendampingi para tamu kunjungan meninjau fasilitas layanan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU kerjasama yang mencakup program pengembangan perpustakaan. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga yang diwakili oleh Wakil Rektor III, Dr. Waryono Abdul Ghofur dan Ketua STAIN Al Fatah, yang disaksikan oleh Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Kepala Perpustakaan STAIN Jayapura, serta Kepala Bagian Kerjasama UIN Sunan Kalijaga Ibu Maharani. Wakil Rektor III UIN Sunan Kalijaga berharap kerjasama yang dibangun di waktu yang akan datang dapat diperluas lagi sehingga semakin besar manfaatnya bagi kedua institusi, khususnya dalam meningkatkan kompetensi para akademisi dan bermanfaat bagi masyarakat di wilayahnya.(ist)

Share this post

Leave a Reply