Memperingati Hari Batik Nasional Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Menggelar Pameran Batik

Memperingati Hari Batik Nasional Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Menggelar Pameran Batik

Kain batik sebagai warisan budaya Indonesia telah diakui oleh masyarakat internasional. Hal tersebut telah dipertegas oleh UNESCO yang menetapkan batik sebagai masterpieces of the oral and intangible heritage of humanity pada 2 Oktober 2009. Tanggal tersebut telah ditetapkan pula sebagai Hari Batik Nasional. Berkaitan dengan hal tersebut, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan Kegiatan Pameran Batik pada hari Senin, 3 Oktober 2016. Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini bertempat di lobi lantai satu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.

meran batik ini menampilkan batik tematik yang didesain dan diproduksi oleh alumni  UIN Sunan Kalijaga, yaitu Ali D. Musyrifa dan Kajey Habib. Ali D. Musyrifa telah dikenal sebagai seorang seniman di bidang puisi dan teater. Salah satu desain batik yang dipamerkan menampilkan tema unik, yaitu “batik Puisi”. Ornamen pada kain batik ini antara lain menampikan keperkasaan burung garuda yang berjuang melawan serangan berbagai makluk di  angkasa. Tema tersebut dimaknai sebagai Indonesia yang berjuang melawan serangan berbagai ideologi di dunia. “Fine Art Batik”, “The love”, dan “Batik Rajah” merupakan tema batik lainnya yang turut dipamerkan pada kesempatan tersebut.

Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Labibah, MLIS yang mendampingi kegiatan pameran menyampaikan bahwa kegiatan pameran ini diselenggarakan sekaligus dalam rangka memperingati Tahun Baru Hijriah 1438 H, dan Hari Kesaktian Pancasila. Disamping itu, pameran batik ini penting untuk meningkatkan literasi budaya dan menumbuhkan cinta batik di kalangan pemustaka dan pengunjung pada umumnya. Para pengunjung pameran pada umumnya sangat antusias dengan pameran batik yang baru pertama diselenggarakan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga ini. Salah seorang pengunjung berpendapat, bahwa pameran ini merupakan sesuatu yang menarik dan unik sehingga memberi warna baru bagi Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.

Selain kain batik, turut dipamerkan pula berbagai judul koleksi perpustakaan yang  berkaitan dengan tema pameran antara lain: Tampil Elegan dengan Batik Tradisional, Kerajinan Batik dan Tenun, Burung-burung di Tiang duka, Diskusi dan Korespondensi Kalender Hijriah Global, Astronomy of Islamic calender, Islam Rahmatan Lil ‘Alamin: Panduan Dakwah Umat Islam Indonesia dalam Konteks Kekinian Mewujudkan Amar Makruf Nahi Mungkar, Menepis Terorisme.  Dalam rangka Hari Batik Nasional pula, seluruh pimpinan dan staf Perpustakaan mengenakan aneka ragam busana  batik. (ist)

Share this post

Leave a Reply