Workshop Building A World-Class Research: From Idea to Innovation

Workshop Building A World-Class Research: From Idea to Innovation

Pada tanggal 31 Agustus 2016 Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerja sama dengan iGroup Ltd menyelenggarakan workshop dengan tema “ Building A World-Class Research: From Idea to Innovation”.  Kegiatan yang diadakan di ruang Teatrikal Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga ini dihadiri oleh sekitar 130 orang peserta yang terdiri dari para mahasiswa, dosen, pustakawan, dan pemerhati perpustakaan baik dari sivitas UIN Sunan Kalijaga, peserta dari Yogyakarta maupun dari berbagai daerah seperti Denpasar dan Jakarta.

Acara diawali dengan pembukaan oleh Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Dra.Labibah Zain, M.LIS. Dalam sambutannya Labibah menjelaskan bahwa belum banyak ilmuwan Indonesia,   terutama   di   PTKI,   yang   mengunggah   hasil   karya   ilmiahnya   secara   online   yang kemudian dapat terindeks google scholer. Hal ini membuat kurang dikenalnya hasil karya ilmiah orang   Indonesia   di   tingkat   dunia.   Oleh   karena   itu,   menjadi   tugas   pustakawan   untuk mensosialisasikan penggunaan google scholar kepada sivitas akademika agar hasil karya para ilmuwan kita terpublikasi secara global.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi  tentang Research 1-2-3: From Idea to Innovation oleh Han-wen Chang, Ph.D, Consultant iGroup Asia Pacific dari Taiwan. Selanjutnya Jennifer   Yong,   MBA   memperkenalkan   EEWOWW,   sebuah   authoriting   tools   yang   dapat menyimpan data referensi yang diambil baik dari ejournal, ebooks, google scholer yang sewaktu-waktu dapat dipergunakan para peneliti ketika menggunakan sumber referensi. Presentasi  yang bersifat interaktif dalam bahasa Inggris tersebut mendapat perhatian yang luar biasa dari para peserta. Acara berakhir pada pukul 12.30 dengan pembagian doorprize menarik seperti eksternal harddisk, portable sound, dan flashdisk. (ied)

Share this post

Leave a Reply