Pustakawan UIN Sunan Kalijaga Mengikuti Kegiatan Embedded Librarianship Tour 2016

Pustakawan UIN Sunan Kalijaga Mengikuti Kegiatan Embedded Librarianship Tour 2016

Tiga orang pustakawan UIN Sunan Kalijaga telah kembali dari mengikuti kegiatan Embedded Librarianship Tour yang dilaksanakan di Malaysia dan Singapura.  Ketiga orang pustakawan tersebut adalah Sri Astuti, MIP., Dra.  Khusnul Khotimah, M.IP., dan Isrowiyanti, S.Ag., SS. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 17 hingga 18 Maret 2016 ini diselenggarakan oleh Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPTI) Wilayah DIY, dan diikuti oleh 26 orang pustakawan dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Embedded Librarianship dapat diartikan sebagai upaya meningkatkan mutu layanan perpustakaan dan meningkatkan nilai guna layanan yang diselenggarakan serta meningkatkan peran strategis perpustakaan dalam pengelolaan perguruan tinggi.

Embedded Librarianship Tour 2016 ini bertujuan untuk  memberikan pemahaman tentang konsep embedded librarianship, memberi pengetahuan tentang aplikasi embedded librarianship, dan memberikan gambaran tentang aplikasi embedded librarianship di berbagai perpustakaan di Malaysia dan Singapura. Dalam kegiatan ini para peserta mengikuti ceramah, diskusi dan library tour di Perpustakaan Universiti Teknologi (UiTM) MARA Selangor, Perbadanan Perpustakaan Awam Selangor Tun Abdul Razak Malaysia, Nasional university of Singapore, Singapore National Library, serta Esplanade Library.

Banyaknya obyek kunjungan serta waktu yang singkat menuntut stamina dan konsentrasi yang prima dari semua peserta yang dipimpin oleh Dr. Ida Fajar Priyanto, terlebih lagi di perguruan tinggi Singapura yang mengharuskan penggunaan bahasa Inggris dalam komunikasinya. Diharapkan dari kegiatan Embedded Librarianship ini dapat menambah pengalaman dan memperluas wawasan seluruh peserta terkait kondisi perpustakaan di kedua negara yang dikunjungi. Sharing pengetahuan dari kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi pustakawan lainnya untuk memunculkan ide-ide terkait perubahan manajemen perpustakaan ke arah yang lebih baik. (Ist)

Share this post

Leave a Reply