Sosialisasi Indeks Scopus

Sosialisasi Indeks Scopus

Pada hari Jumat, 26 Februari 2016 UIN Sunan Kalijaga mengadakan kegiatan Sosialisasi  Indeks Scopus.  Acara yang dibuka oleh Pgs. Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. H.M. Machasin, MA ini dihadiri oleh para dosen, pustakawan, dan pengelola jurnal di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mensosialisasikan penggunaan data base  Indeks Scopus.

Data base Scopus yang dapat diakses oleh seluruh sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga pada tahun 2016 ini merupakan ”hadiah” dari Kementerian Agama Pusat. Menurut Dra. Subrandriyah, MM,  Kasi Publikasi Ilmiah Kementerian Agama, dipilihnya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai salah satu lembaga yang diberi langganan akses Scopus adalah karena salah satu prestasinya yang telah diraih, yaitu salah satu jurnal terbitan UIN Sunan Kalijaga, Al-jami’ah, telah masuk dalam Scopus. Selain UIN Sunan Kalijaga, yang diberi akses melanggan Scopus adalah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Adam dari Elsevier dan Joyce dari scopus, sedangkan sebagai moderator adalah Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Dr. Hj., Sr Rohyanti Zulaikha, S.Ag, SS, M.Si.  Melalui Scopus dapat diketahui rangking perguruan tinggi yang paling banyak memiliki karya tulis ilmiah. Selain itu, dapat diketahui juga penulis  yang paling menghasilkan karyanya yang terindeks scopus. Semua rangking ini dapat menjadi prestise bagi perguruan tinggi tersebut. (idahadna)

Share this post

Leave a Reply