Pelatihan Penelusuran Database: How To Submit A Paper To International Journals

Pelatihan Penelusuran Database: How To Submit A Paper To International Journals

Publikasi artikel melalui jurnal internasional merupakan salah satu unsur yang sangat penting bagi fungsional dosen dalam proses kenaikan pangkat dan jabatan. Untuk itu para dosen perlu mengetahui apa yang hrus dilakukannya agar artikelnya dapat diterima di jurnal internasional. Berkaitan dengan hal tersebut, sejumlah 100 orang sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga mengikuti Pelatihan Penelusuran Database, How to Submit a Paper to International Journals. Kegiatan yang belangsung pada hari Senin, 15 Februari 2016 ini diikuti oleh peserta yang sebagian besar terdiri dari para fungsional dosen UIN Sunan Kalijaga.

How to Submit a Paper to International Journal dipresentasikan oleh perwakilan Cambridge University Press yang berlokasi di Singapura. Ivy Yeo, Regional Sales Manager Cambridge University Press wilayah Asia Tenggara dalam persentasinya menyampaikan pentingnya publikasi artikel ilmiah, antara lain untuk meningkatkan kompetisi penulis di tingkat internasional, selain itu menunjukkan validitas dan orisinalitas suatu karya ilmiah. Muhammad Muhrisun, dosen Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga yang hadir sebagai moderator menyampaikan bahwa yang perlu diperhatikan dari artikel ilmiah itu adalah harus understable, structure organize dan good english.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Dr Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag, SS., M.Si. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan tentang pentingnya partisipasi dosen terkait diberlakukannya SK Wajib Simpan Karya Ilmiah bagi Dosen. Pada kesempatan ini disosialisasikan juga tentang library e-resources Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, kususnya ebook dan ejournal database yang disampaikan oleh Dra. Ida Nur’aini Hadna, M.Pd. Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga saat ini melanggan sebanyak 66 judul ebook dari Cambridge University. Pihak perpustakaan berharap e-resources ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh seluruh sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga. (ist)

Share this post

Leave a Reply