Kerjasama Perpustakaan STAIN Al-Fatah Jayapura dan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Kerjasama Perpustakaan STAIN Al-Fatah Jayapura dan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

 

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) AL-Fatah merupakan perguruan tinggi Islam yang berada di Jayapura. Kota ini merupakan ibu kota provinsi Papua yang berada di posisi paling timur di Indonesia. Perpustakaan merupakan salah satu sumber pembelajaran di STAIN AL-Fatah yang berfungsi penting dalam mencerdaskan masyarakat.

Fungsi perpustakaan akan optimal bila didukung oleh fasilitas atau sarana dan prasarana yang memadai, baik dari sisi manajemen maupun teknologi.  Untuk itu perlu dilakukan upaya pengembangan perpustakaan khususnya di bidang manajemen dan otomasi perpustakaan. Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Drs. Agung Budiono, Kepala Perpustakaan STAIN AL-FATAH Jayapura ketika berkunjung ke Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pada kunjungan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Desember 2015 tersebut telah disepakati kerjasama antara STAIN Al-Fatah Jayapura dengan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang dipertegas dengan penandatangan MoU terkait kerjasama di bidang otomasi dan manajemen perpustakaan. Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Kepala Perpustakaan STAIN Al-Fatah Jayapura, Drs. Agung Budiono dan Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, SS, M.Si. di ruang rapat lantai 1. Direncanakan, pada tahap awal Tim SI Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga akan melakukan migrasi data pada Perpustakaan STAIN Al-Fatah. Tahap selanjutnya akan dilaksanakan pelatihan otomasi perpustakaan di STAIN Al-Fatah Jayapura.

Dari kerjasama ini diharapkan secara bertahap dapat meningkatkan mutu layanan Perpustakaan STAIN Al-Fatah yang menekankan otomasi dan aplikasi teknologi informasi. Selain itu, hasil kerjasama diharapkan akan memperkuat fungsi Perpustakaan STAIN Al-Fatah dalam mendukung proses belajar mengajar dan Tri Dharma Perguruan Tinggi lembaga induknya. (Ist)

Share this post

Leave a Reply