Pembekalan Bagi Mahasiswa Part Time Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Periode 2016

Pembekalan Bagi Mahasiswa Part Time Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Periode 2016


    Salah satu elemen pendukung yang memperlancar layanan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga selama ini adalah tenaga part time perpustakaan. Elemen tersebut berasal dari para mahasiswa aktif  UIN Sunan Kalijaga baik S1 dari berbagai fakultas maupun pascasarjana dari berbagai prodi yang dipilih melalui rekrutmen. Mengingat pentingnya elemen tersebut, maka pada tahun 2015 ini dilaksanakan kembali rekrutmen tenaga part time perpustakaan pada tanggal 2 dan 3 Desember 2015. Dari hasil seleksi, terpilih sejumlah 25 orang mahasiswa part time perpustakaan yang akan memulai tugasnya pada awal tahun 2016 yang akan datang.
    Ke- 25 orang mahasiswa tersebut telah mengikuti pembekalan yang dilaksanakan dari tanggal 15 hingga 17 Nopember 2015. Pembekalan bertujuan antara lain untuk meningkatkan pemahaman tentang fasilitas, layanan perpustakaan,  prosedur dan regulasinya, meningkatkan social skill, serta persiapan mental mahasiswa part time.    Kegiatan pembekalan yang berlangsung di lantai III Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga  ini dibuka oleh Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga DR. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag, SIP, M.Si. Dalam kegiatan pembekalan, peserta memperoleh materi berupa : motivasi dan team work building, e-resurces perpustakaan dan pendayagunaannya, teknologi informasi perpustakaan, strategi dan praktek shelving, regulasi layanan perpustakaan, serta pengorganisasian koleksi perpustakaan. Adapun pemateri dalam kegiatan pembekalan ini adalah Sri Astuti, MIP, Dra. Ida Nor’aini Hadna, M.Pd., Drs. Bambang Heru Nurwoto, dan Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
     Diharapkan melalui pembekalan ini para mahasiswa part time memiliki kesiapan yang sangat baik dari segi pengetahuan, mental dan fisik pada saat melaksanakan tugasnya-tugasnya selama satu tahun ke depan. Selain itu, mereka diharapkan dapat menjadi mitra perpustakaan yang berperan dalam mensosialisasikan program-program perpustakaan di tengah masyarakat kampus, demikian disampaikan oleh Ketua Panitia Seleksi dan Pembekalan Part time Perpustakaan 2015, Wahyani, S.Ag,SS, MIP. (Ist)

Share this post

Leave a Reply