Kemudahan Layanan Cek History Peminjaman Pemustaka

Kemudahan Layanan Cek History Peminjaman Pemustaka

Peningkatan layanan bagi pemustaka merupakan suatu hal yang melandasi kegiatan pengembangan perpustakaan pada umummya, baik dari segi fisik dan nonfisik. Kemudahan pemustaka dalam mengakses layanan merupakan salah satu pengembangan dari segi nonfisik yang berkaitan pula dengan pengembangan pada sistem informasi perpustakaan.
Berhubungan dengan hal tersebut, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga  baru-baru ini  menyajikan kemudahan bagi pemustakanya yaitu cek history peminjaman. Aktivitas ini dapat dilakukan oleh pemustaka sendiri dari sarana smartphone melalui lib.uin-suka.ac.id/pemustaka. Melalui fasilitas yang didesain  oleh Tim Sistem Informasi (SI) Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga ini, pemustaka tidak perlu datang ke perpustakaan bila hanya ingin mengetahui apakah ia memiliki tanggungan koleksi atau tidak.
Aktivitas cek history oleh setiap pemustaka ini sangat penting untuk menghindari  hal-hal yang tidak dikehendaki di waktu yang akan datang, seperti bertumpuknya tanggungan koleksi yang belum kembali, maupun kehilangan koleksi. Dari sisi pustakawan, hal tersebut akan membantu  memperlancar kegiatan sirkulasi koleksi, serta mempermudah penyelesaian permasalahan sirkulasi yang timbul. Penggunaannya cukup mudah silahkan masuk ke halaman lib.uin-suka.ac.id/pemustaka kemudian login dengan username dan password yang biasa digunakan untuk masuk ke halaman layanan akademik atau login ke jaringan wifi UIN Sunan Kalijaga (ist)

Share this post

Leave a Reply