Pendidikan Pemustaka (User Education) Bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2015/2016

Pendidikan Pemustaka (User Education) Bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2015/2016


Selama 14 hari mulai tanggal 1 September hingga 17 September 2015 yang lalu, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dipadati oleh mahasiswa dari seluruh fakultas yang ada di UIN Sunan Kalijaga. Sebagian besar dari mereka adalah mahasiswa baru yang menjadi peserta user education, baik dari program S1 maupun program Magister. User education yang diselenggarakan oleh UPT Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga ini bertujuan agar mahasiswa baru mengenal dengan baik dan memahami sistem layanan dan faslilitas perpustakaan. Mengikuti kegiatan ini merupakan syarat wajib untuk aktivasi keanggotaan Sejumlah 3814 mahasiswa program S1 mengikuti kegiatan ini. Jumlah ini meningkat lebih kurang 500 orang dibandingkan tahun lalu.

Pelaksanaan user education yang terdiri dari sesi teori dan library tour ini berjalan cukup lancar karena didukung sepenuhnya oleh pihak pimpinan universitas. Pemanfaatan teknologi informasi pada sistem pendaftaran  user education secara online juga sangat mempermudah dalam pengaturan peserta. Hampir seluruh pustakawan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga berperan serta sebagai  tutor dan fasilitator dalam kegiatan ini.

Adapun pelaksanaan user education bagi mahasiswa baru Progam Magister dilaksanakan pada tanggal 8 September 2015 yang bertempat di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga untuk sesi teori. Sedangkan sesi library tour dilaksanakan pada tanggal 9 September hingga 18 September 2015. Sejumlah lebih dari 600 mahasiswa program S2 maupun S3 mengikuti kegiatan ini. Khusus bagi mereka, user education lebih ditekankan pada pada pemanfaatan  sumber-sumber infomasi digital dan database perpustakaan, disamping praktek pemanfaatan fasilitas layanan perpustakaan.

Para mahasiswa baru, khususnya dari Program Magister menyatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat karena mereka memperoleh berbagai informasi baru terkait dengan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Selain itu, kegiatan ini mempermudah mereka  dalam memanfaatkan fasilitas dan layanan perpustakaan, terlebih lagi bagi yang belum pernah menempuh studi di UIN Sunan Kalijaga. Seluruh mahasiswa baru yang telah mengikuti user education segera diaktivasi keanggotaanya sehingga mereka dapat melakukan transaksi peminjaman koleksi. (ist)

Share this post

Leave a Reply