Diklat Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Berbasis Senayan Library Management System (SliMS)

Diklat Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Berbasis Senayan Library Management System (SliMS)

SMK N 1 Kalasan bekerjasama dengan Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggaralan Diklat Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Berbasis Senayan Library Management System (SLiMS). Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang bertujuan untuk memberi tambahan pengetahuan tentang pengelolaan perpustakaan dengan sistim otomasi. Diklat yang dilaksanakan pada tanggal 7 – 9 Juli 2015 ini diikuti 26 orang peserta yang terdiri dari guru dan pengelola perpustakaan setingkat SMTA di wilayah Kabupaten Sleman.

Materi diklat terdiri dari: Pengantar Perpustakaan, Layanan Perpustakaan, Pengolahan Koleksi, Manajemen Perpustakaan, materi Otomasi Perpustakaan (dari instalasi server + program SLiMS, Praktek input data, modul anggota, praktek layanan sirkulasi dengan program SLiMS). Adapun narasumber materi diklat adalah Dr. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., M.Si, Sri Astuti, MIP, Khusnul Khotimah, MIP, Ida Hadna,M.Pd., Fatchul Hijrih, S.Kom, M. Yazid Fuadi, SIP, Edi Prasetya, S.Kom. dan Miftahul Ulum, S.Kom.

Kegiatan Diklat Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Berbasis SLiMS ini dibuka oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Kalasan, Drs. Mohammad Efendi, MM. Dalam sambutannya beliau berharap pengetahuan dan ketrampilan peserta di bidang otomasi perpustakaan bertambah sehingga setelah selesai pelatihan dapat mengaplikasikannya di perpustakaan sekolah masing-masing. (ist)

Share this post

Leave a Reply