Workshop Standardisasi Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Berdasarkan ISO

Workshop Standardisasi Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Berdasarkan ISO

 

Dalam rangka membina dan mengembangkan profesi pustakawan dan memberikan pelayanan prima di perpustakaan perguruan tinggi yang sesuai dengan standar ISO, maka pada hari Selasa, tanggal 16 Juni 2015 di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta diselenggarakan kegiatan “Workshop Standardisasi Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Berdasarkan ISO”. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pustakawan dan beberapa orang perwakilan dari sahabat perpustakaan. Dalam acara tersebut menghadirkan dua orang narasumber yang profesional di bidang ilmu perpustakaan, yaitu Bapak Drs. Mansur Sutedjo, M.Si. (Kepala Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya) dan Bapak DR. Johan A.E. Noor, M.Sc., Ph.D. (Kepala Perpustakaan Universitas Brawijaya, Malang), dan dimoderatori oleh Ibu Dra. Labibah, M.LIS.

Tujuan diselenggarakannya kegitan Workshop Standardisasi Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Berdasarkan ISO tersebut adalah untuk menambah wawasan pustakawan mengenai standardisasi pelayanan perpustakaan perguruan tinggi berdasarkan standar ISO; meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan perguruan tinggi berdasarkan standar ISO, serta untuk meningkatkan pemahaman tentang pelayanan yang ramah disabilitas dan implementasi Biblioterapi memalui kunjungan lapangan ke perpustakaan atau lembaga terkait.

Ada dua materi pokok yang disampaikan dalam kegiatan tersebut di atas, yaitu mengenai Pelayanan dan Inovasinya di Perpustakaan Perguruan Tinggi yang disampaikan oleh Bapak Drs. Mansur Sutedjo, M.Si., dan Standardisasi Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi berdasarkan ISO yang disampaikan oleh Bapak DR. Johan A.E. Noor, M.Sc., Ph.D. 

Dengan terlaksanaya kegiatan tersebut diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi pustakawan dan sahabat Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga khususnya demi peningkatan layanan kepada pemustaka yang sesuai dengan ISO. Untuk peningkatan kualitas pelayanan perpustakaan berdasarkan standar ISO yaitu dengan menetapkan kriteria-kriteria dan persyaratan-persyaratan system manajemen mutu.

 

Share this post

Leave a Reply