Seminar Nasional “Penguatan dan Pengembangan Jaringan Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam di Era Digital”

Seminar Nasional “Penguatan dan Pengembangan Jaringan Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam di Era Digital”

Kerjasama perpustakaan merupakan upaya yang penting untuk diwujudkan terutama di era digital sekarang ini. Perkembangan informasi yang sangat cepat, banyaknya koleksi buku yang diterbitkan di berbagai belahan dunia yang didukung teknologi informasi yang canggih menyebabkan kemustahilan suatu perpustakaan untuk memiliki koleksi yang paling lengkap.
Bertempat di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga, pada hari Kamis, 22 Mei 2014 telah diselenggarakan Seminar Nasional “Penguatan dan Pengembangan Jaringan Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam di Era Digital”. Seminar nasional dibuka oleh Dr. Maksudin, Wakil Rektor III Bidang Kerjasama UIN Sunan Kalijaga. Kegiatan ini dihadiri oleh para pengurus dan anggota Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (APPTIS) yang terdiri dari para Kepala Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam Negeri dan Swasta se-Indonesia. Hadir sebagai narasumber seminar adalah Dra. Welmin Sunyi Ariningsih, M. Lib. (Deputi I Perpustakaan Nasional RI), DR. Mahmoud Farazandeh (Duta Besar Islam Iran untuk Indonesia), Dr. Hojjatullah Ibrahimian, Ph.D. (Konselor Kebudayaan Republik Islam Iran), Dra. Subandriyah, MM (Kasi Publikasi Ilmiah Direktorat Pendidikan Tinggi Agama Islam Kemenag RI), Dr. Nurdin Laugu, S.Ag., SS.,MA (Dosen Fakultas Adab/IPI UIN Sunan Kalijaga). Moderator seminar Dra. Labibah Zain, M.LIB (Dosen Fakultas Adab/IPI UIN Sunan Kaijaga).
Menurut ketua panitia seminar nasional Drs. Bambang Heru Nurwoto, seminar nasional ini dimaksudkan sebagai sarana pertemuan imiah bagi seluruh pesertanya untuk meningkatkan wawasan dan kesadaran dalam memperkuat jaringan kerjasama perpustakaan PTAI. Seminar nasional yang berlangsung pukul 8.45 – 12.00 WIB ini diselenggarakan oleh Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dan didukung oleh I-Group, Spektra, Fenrosse, dan Digibooks.

Share this post

Leave a Reply