Seminar Internasional Kebijakan Pemerintah Republik Islam Iran dalam Pengembangan Teknologi

DR. Hossein Naderi Manesh

Seminar Internasional Kebijakan Pemerintah Republik Islam Iran dalam Pengembangan Teknologi


Seminar Internasional Kebijakan Pemerintah Republik Islam Iran dalam Pengembangan Teknologi

Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan seminar internasional yang bertajuk ‘Kebijakan Pemerintah Republik Islam Iran dalam Pengembangan Teknologi’ pada hari Rabu tanggal 20 Februari 2013. Seminar ini bertempat di ruang theatrikal perpustakaan lantai 1 yang dihadiri lebih dari 170 peserta yang terdiri dari para dekan, dosen dan mahasiswa. Kegiatan ini diawali dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor atas nama UIN Sunan Kalijaga dan Duta Besar Iran atas nama Kedutaan Republik Islam Iran. MoU tersebut berisi pernyataan kerjasama antara UIN Sunan Kalijaga dan Kedutaan Republik Islam Iran selama 4 (empat) tahun ke depan (2013-2017). Rincian pernyataan kerjasama tersebut dapat diakses di laman: Penandatanganan MoU kerjasama antara UIN Sunan Kalijaga dan Kedutaan Republik Islam Iran

DR. Hossein Naderi Manesh

Seminar internasional dibuka oleh Pembantu Rektor bidang Kerjasama, Prof. Dr. H. Siswanto Masruri, mewakili Rektor UIN Sunan Kalijaga. Narasumber seminar ini disampaikan oleh DR. Hossein Naderi Manesh (Wakil Menteri Riset dan Teknologi Iran) dan Mr. Mahmood Farazandeh (Dubes Republik Islam Iran). Ada tiga hal yang menarik dari kegiatan seminar ini yaitu: 1) seminar ini menggunakan tiga bahasa yaitu, Indonesia, Persia dan Inggris dengan moderator Drs. Lathiful Khuluq, B.SW., MA., Ph.D.; 2) seminar diselingi dengan acara hiburan yang ditampilkan oleh grup nasyid (musik) Tanbur Navazan Tarz Qazvin yang terdiri dari 5 (lima) orang pria yang langsung didatangkan dari negeri Iran; 3) kegiatan seminar diisi dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama selama 4 tahun antara UIN Sunan Kalijaga dan Kedutaan Besar Republik Islam Iran; dan 4) para peserta seminar mendapatkan buku gratis ‘Revolusi Saintifik Iran’ karya Husain Heriyanto dan setiap  peserta yang mengajukan pertanyaan mendapatkan doorprice yang masing-masing penanya mendapatkan 2 (dua) DVD tentang Iran. Kegiatan seminar ini mendapat respon yang sangat meriah dari para peserta yang dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan meskipun hanya dibatasi 5 (lima) penanya karena terbatasnya waktu. Salah seorang peserta dari dosen UIN menyampaikan agar kedutaan besar memberikan peluang kerjasama untuk beasiswa bagi para dosen UIN Sunan Kalijaga. Harapan peserta tersebut sebenarnya sudah dicantumkan sebagai bagian dari kerjasama yang telah ditandatangani pada MoU.

Sebagai tindak lanjut dari kerjasama yang telah ditandatangi tersebut, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga akan menyelenggarakan diskusi buku ‘Road to Parsi’ karya Afifah Ahmad yang diterbitkan oleh Bentang Yogyakarta pada tanggal 20 Maret 2013 mendatang. Menurut kepala perpustakaan, M. Solihin Arianto, S.Ag., SIP., M.LIS., kegiatan bedah buku tersebut akan dibuka untuk umum dan akan disediakan buku gratis serta sertifikat. Bagi sivitas akademika yang berminat mengikuti bedah buku tersebut, dapat menghubungi bagian informasi (ibu Isrowiyanti) Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Bentuk kerjasama yang saat ini sedang berlangsung adalah pelatihan Bahasa Persia gratis untuk sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga yang disampaikan oleh instruktur native speaker dari Iran.

Share this post

Leave a Reply