Pelatihan Literasi Informasi di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga

Pelatihan Literasi Informasi di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga


Pelatihan Literasi Informasi di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkembang sangat pesat. Selain itu, pemanfaatannya yang secara luas telah membuka peluang pengaksesan, pengelolaan dan pendayagunaan informasi dalam volume yang besar secara cepat dan akurat. Demi menjawab tantangan tersebut maka kompetensi pustakawan perlu di tingkatkan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada civitas akademika.

Sehubungan dengan kenyataan tersebut Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan pelatihan literasi informasi. Pelatihan ini telah dilaksanakan pada tanggal 27-28 september dan 1 oktober 2012.  Peserta pelatihan adalah  pustakawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan pustakawan PTAIS Yogyakarta. Materi pelatihan ini meliputi: pengantar literasi informasi, mind mapping, strategi penelusuran informasi, evalusi sumber informasi, plagiasi dan sitasi, serta menggunakan informasi. Materi tersebut disampaikan oleh pakar literasi informasi di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu: Umi Proboyekti, S. Kom., MLIS (Dosen Teknik Informatika UKDW dan ketua FPPTI DIY), A. Tri Susianti, S. Kom., MA. (Pustakawan Univ. Atmajaya Yogyakarta), dan Sri Rohyanti Zulaikha, S. Ag., SIP., M. Si. (Dosen Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga). Dengan pelatihan ini diharapkan pustakawan mampu membuat program-program literasi informasi di perpustakaannya masing-masing.

Hasil evaluasi peserta tentang pelatihan ini adalah materi literasi informasi merupakan materi baru bagi sebagian besar peserta. Peserta merasakan manfaatnya sehingga bisa mengaplikasikannya di perpustakaan masing-masing. Mereka juga sangat mengharapkan agar pelatihan literasi informasi ini dapat dilakukan lagi sehingga kemampuan pustakawan semakin meningkat.

Share this post

Leave a Reply