OPAC Penelusuran Suara Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga

OPAC Penelusuran Suara UIN Sunan Kalijaga

OPAC Penelusuran Suara Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga


OPAC Penelusuran Suara Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga

OPAC Penelusuran Suara UIN  Sunan KalijagaOPAC UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengambil momentum revolusi keberpihakan pada user experience dalam menyukseskan perpustakaan sebagai jantung pendidikan universitas. Sistem informasi perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dengan kecanggihannya berinteraksi dengan pemustakanya, diharapkan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik terhadap pemustaka. Kecanggihan terbaru yang terealisasikan dan dilaunching pada tanggal 1 maret 2012 oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, sebagai berikut :

  1. Pemustaka dapat berinteraksi memakai inputan suara. Pemustaka dapat menelusur lewat ucapan berbahasa indonesia dan sistem penelusuran akan membalasnya dengan hasil penelusuran yang bersuara bahasa indonesia lengkap dengan menyebutkan posisi rak bukunya.
  2. Sistem penelusuran dikembangkan ulang dengan mengacu pada teknik pengindeksan berbasis ranking seperti layaknya standard search engine, sehingga pemustaka dapat mengandalkan persepsi alamiah bahwa precision proximity didasarkan pada temuan terakurat pada posisi teratas diurutkan hingga ke bawah.

 

Share this post

Leave a Reply