Corner

difabel corner

Corner

Corner

difabel corner

A.    Difabel Corner

Difabel Corner merupakan unit layanan yang disediakan khusus bagi pemustaka  difabel (different ability) atau pemustaka yang berkebutuhan khusus. Keberadaan difabel corner merupakan upaya dalam mendukung UIN Sunan Kalijaga sebagai kampus inklusif.  Kampus inklusif merupakan kampus yang memberikan akses pendidikan yang setara bagi semua orang termasuk kalangan difabel. Unit layanan yang bertempat di lantai satu ini menyediakan berbagai sarana dan materi adaptif bagi pemustaka Difabel. Sarana dan materi yang dimaksudkan, antara lain software pembaca monitor yang memungkinkan difabel netra mengoperasikan berbagai program komputer dan akses internet. Selain itu, terdapat pula audio book, buku digital, buku-buku dalam format Braille. Difabel corner terletak di lantai 1 gedung Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga bagian tengah.

B.    Canadian Corner

Canadian Resource Centre (CRC) of UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, secara resmi dibuka pada tanggal 10 Desember 2007. CRC of UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan hasil kerjasama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, McGill University Montreal Canada dan Kedutaan Besar Canada di Indonesia. Corner ini menyediakan koleksi informasi dalam bentuk buku-buku referensi terpilih, jurnal/buletin, CD-ROM dan DVD serta software. Disamping  itu, ada pula tesis yang ditulis oleh mahasiswa Indonesia mengenai Kanada (misalnya Pendidikan Islam di Kanada). Canadian Corner terletak di lantai 3 gedung perpustakaan UIN Sunan Kalijaga bagian timur bersebelahan dengan Iranian Corner.

 canadian coner

C.    Iranian Corner

Iranian Corner merupakan hasil kerjasama antara Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dengan Kedutaan Besar Republik Islam Iran dan Islamic Cultural Center (ICC) Jakarta. Iranian Corner dibuka secara resmi pada tanggal 29 November 2007. Corner ini menyediakan buku-buku tentang Negara Republik Islam Iran maupun tentang Syi’ah seperti koleksi Filsafat Islam, Tafsir hadis Syi’ah, doktrin, fikih dan tokoh-tokoh Syi’ah, revolusi Iran, kebudayaan Iran, dll. Disediakan juga koleksi CD/DVD maupun channel TV Timur Tengah. Iranian Corner terletak di lantai 3 gedung perpustakaan UIN Sunan Kalijaga bagian timur bersebelahan dengan Canadian Corner.

      D.    Saudi Arabia Corner

Dalam waktu yang tidak lama lagi Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga akan membuka Layanan Saudi Arabia Corner. Layanan ini merupakan hasil kerjasama antara Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan Kedutaan Besar Kerajaan Saudi Arabia di Indonesia. Koleksi-koleksi yang tersedia antara lain, Sejarah Kerajaan Arab Saudi, Pembelajaran Bahasa Arab, Kesusasteraan Arab, Kebudayaan Arab, Hukum Pidana Islam, Geografi Arab, Pemikiran Islam dan lain lain. Saudi Arabia Corner terletak di lantai 3 sayap barat.

Share this post

Leave a Reply