Difabel Corner Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Difabel Corner Perpustakaan UIN SUKA

Difabel Corner Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Difabel Corner
“Providing Accessible Materials Opening Knowledge for all”

Difabel Corner Perpustakaan UIN SUKA
Apa itu Difabel Corner ?
Difabel Corner Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga adalah unit layanan yang disediakan untuk para pemustaka difabel atau mereka yang berkebutuhan khusus

Layanan apa saja yang disediakan ?
Difabel Corner menyediakan berbagai fasilitas untuk menjamin akses pemustaka kepada pengetahuan, yang meliputi :
– Teknologi bantu (assistive technology)
– Kepustakaan adaptif
– Bantuan personal

Apa yang dimaksud dengan teknologi bantu ?
Bagi para pemustaka tuna-netra, materi-materi yang umumnya tersedia di perpustakaan tidak serta-merta dapat mereka akses. Ribuan buku yang ada di rak-rak itu jelas tidak bisa mereka baca. Dengan teknologi bantu, seperti kamera yang mengalihkan buku itu ke monitor dan memperbesar huruf-hurufnya, pemustaka low-vision (tuna netra dengan kemampuan melihat yang sangat rendah) bisa terbantu untuk mengaksesnya.

Bagaimana dengan ‘materi adaptif’?
Seperti tercermin dari istilah ‘adaptif’ (disesuaikan), materi-materi adaptif adalah koleksi pustaka yang bentuknya telah dimodifikasi atau diubah sesuai dengan kebutuhan difabel.
Misalnya, karena buku-buku biasa tidak mungkin dibaca oleh pemustaka tunanetra, Difabel Corner menyediakan koleksi dalam bentuk audio book,yaitu buku yang dibacakan dan direkam dalam kaset, CD, atau file audio yang bisa diputar oleh tunanetra.
Contoh lainnya yang lebih populer adalah buku-buku yang dialihaksarakan dalam format Braille.

Lalu, layanan personal apakah yang disediakan oleh Difabel Corner ?
Karena terbatasnya koleksi adaptif yang saat ini tersedia, kami akan memberikan bantuan langsung secara personal kepada para difabel yang membutuhkan. Dengan dukungan para ‘sahabat inklusi’, kami berusaha sebaik dan semaksimal mungkin untuk membantu langsung, dari mencarikan buku yang diperlukan sampai membacakan isi buku tersebut bila perlu.

Difabel Corner didirikan sebagai komitmen Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga untuk menjadi perpustakaan yang aksesibel baik secara fisik maupun akademik. Usaha mendirikan difabel corner dimulai dari kerjasama antara Perpustakaan dengan Pusat Studi dan Layanan Difabel (PSLD) dalam pendirian blind corner.

Blind Corner waktu itu mempunyai dua fungsi : menyediakan teknologi bantu untuk mengakses data-data digital dan memproduksi buku-buku digital. Bersama dengan tekad UIN Sunan Kalijaga untuk menjadi kampus inklusi dan diluncurkannya kebijakan afirmatif untuk menerima setiap difabel yang ingin mengenyam pendidikan tinggi, kebutuhan akan layanan khusus bagi para mahasiswa difabel yang semakin banyak dan beragam tak bisa lagi ditunda.

Untuk kesekian kalinya, PSLD dan Perpustakaan kembali menjalin kerjasama dan dengan dukungan penuh dari para pimpinan universitas, maka lahirlah Difabel Corner sebagai jawaban atas kebutuhan tersebut. Kini, sebuah ruangan yang lebih representatif, lebih luas, lebih nyaman, dan mudah diakses telah hadir di salah satu sudut lantai 1 Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Bila Anda atau kerabat Anda ada yang memiliki kebutuhan khusus dalam mengakses pengetahuan, kunjungilah Difabel Corner baik untuk memperoleh koleksi dan asistensi dari kami atau untuk tempat belajar yang lebih nyaman.

Koleksi yang sudah tersedia dan akan kami sediakan dalam waktu mendatang meliputi :
– Komputer berpiranti Jaws Inggris dan Arab
– Buku-buku Braille
– Audio Book berbagai judul buku populer
– ebook khusus yang ramah difabel
– Koleksi skripsi digital
– Koleksi buku-buku kuliah

Menjadi Sahabat Inklusi

Kampanye Inklusi UIN SUKA

Difabel Corner bisa terselenggara karena kontribusi para Sahabat Inklusi. Mereka adalah relawan (volunteer) yang berjuang mewujudkan cita-cita UIN Sunan Kalijaga menjadi kampus inklusif: kampus yang menghargai perbedaan dan memberikan akses sosial dan akademik yang setara kepada semua orang.

Sahabat Inklusi diorganisir oleh PSLD (Pusat Studi dan Layanan Difabel), sebuah unit layanan bagi mahasiswa difabel yang juga melakukan penelitian, promosi, dan advokasi dalam bidang kesetaraan hak pendidikan dan sosial bagi semua orang.

Dengan tergabung menjadi Sahabat Inklusi, Anda tidak hanya bisa berbuat baik bagi orang lain, tetapi juga memperoleh pengalaman berorganisasi yang profesional dan pelatihan peningkatan kapasitas akademik dan sosial.

Anda berminat menjadi sahabat inklusi ?
Kontak PSLD UIN Sunan Kalijaga lewat :
email : psld.uin@gmail.com
facebook : http://facebook.com/psld.uin
website : http://psld-uin.org

Share this post

Leave a Reply